Menciptakan Rumah yang Aman untuk si Kecil (1)





Menciptakan kondisi rumah yang aman bagi Anda yang memiliki putra-putri usia batita merupakan sesuatu yang esensial. Kamar anak, kamar mandi, dapur, ruang tamu, semuanya harus dipastikan keamannya. Anda harus mulai memperhatikan potensi bahaya di rumah sebelum mereka belajar merangkak. Untuk mengidentifikasinya Anda mungkin harus ikut merangkak karena “daerah operasi” si kecil berada pada area yang berbeda dengan orang dewasa.


Berikut potensi-potensi bahaya yang harus diwaspadai dan perlu dipertimbangkan untuk dilengkapi dengan alat pelindung untuk anak di rumah:

  1. Bathtub Jangan pernah meninggalkan mereka walaupun hanya sekejap di area ini. Mereka bisa tenggelam bahkan dengan air yang sedikit. Selain itu pastikan untuk mengatur pemanas air di suhu tidak lebih dari 45°C untuk menghindari mereka tersiram air panas. Hindari area bawah keran air saat memandikan si Kecil, Anda juga dapat membalut keran air menggunakan handuk atau kain lam supaya mereka tidak terantuk. Jangan lupa tambahkan keset anti-slip pada dasar bathtub agar mereka tidak terpeleset.

  2. Lemari Si kecil bisa membuat kekacauan jika lemari Anda tidak dilengkapi dengan alat pelindung untuk anak. Risiko lemari yang jatuh dan menimpa si Kecil, ataupun risiko terkunci di dalam lemari jauh lebih membahayakan dibandingkan sekedar isi lemari yang diacak-acak oleh si Kecil. Jangan lupa pindahkan cairan berbahaya serta benda-benda tajam yang mungkin ada dalam daerah jangkauan mereka.

  3. Boks bayi Saat mereka mulai berdiri, pindahkah kasur di boks bayi mereka ke level paling rendah. Dan singkirkan semua barang yang mungkin bisa mereka gunakan untuk memanjat

Featured Posts
Recent Posts