Cara Merawat Marmer & Granit



Marmer dan granit merupakan material yang sering dianggap melambangkan kemewahan dan dapat menambah estetika. Namun pada kenyataannya masih banyak yang belum dapat membedakan keduanya.


Marmer adalah batuan metamorf yang berasal dari rekristilasiasi batu kapur. Corak dari marmer asli tidak dapat diseragamkan karena secara alami alurnya berbeda – beda. Corak tersebut merupakan hasil dari proses pembentukan batuan secara alami. Meskipun secara estetika sangat cantik, marmer mudah tergores dan kehilangan kilau apabila terkena bahan kimia, kopi, minyak, dan lain – lain. Marmer yang sering terkena cairan dapat menjadi kusam bahkan lebih mudah patah. Oleh karena itu, material ini lebih cocok untuk digunakan sebagai objek di ruangan yang tidak sering terkekspos oleh cairan.


Granit adalah batuan yang terbuat dari magma cair yang membeku. Secara umum, motif granit tidak terlalu terlihat berbeda satu sama lain sehingga lebih seragam. Motif granit tersbut memiliki corak dan warna yang lebih terbatas. Karakteristik granit adalah keras, tahan gores, dan tahan lama. Oleh karena itu granit cenderung memiliki harga yang lebih mahal dari marmer.


Merawat Marmer & Granit

Untuk merawat marmer dan granit supaya awet dan bersih, gunakan lap yang sedikit lembab untuk membersihkan permukaannya, namun segera keringkan dengan kain kering. Apabila diperlukan, gunakan cairan khusus pembersih marmer dan/atau granit. Hindari menggunaan bahan kimia dan bahan abrasive lainnya agar tidak merusak marmer dan granit. Di keseharian, gunakan taplak dan kain untuk meletakkan barang di atas marmer dan granit untuk menghindari terjadinya goresan.

Featured Posts
Recent Posts